Jumat, 22 April 2016

Buah Tin dan Manfaatnya

Bentuk Buah Tin


Buah tin mempunyai bentuk dan warna yang beraneka (hijau, kuning, ungu, hitam, coklat, loreng atau kuning hijau), tetapi dari sisi bentuk memiliki banyak kemiripan. Tekstur buahnya sangat lembut dengan sensai biji biji buah tin di dalamnya. Hal yang sangat menarik dari buah tin ini adalah bahwa buah tin ini bisa berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim, baik itu musim hujan maupun musim kemarau.
Selain itu buah tin muncul pentil tanpa didahului oleh munculnya bunga. Hal ini tentu menambah keistimewaan buah tin.

Manfaat Buah Tin


Buah Tin dapat dimakan dalam kondisi segar, dikeringkan atau dibuat selai. Buah yang dipetik harus segera ditangani dan dimanfaatkan supaya tidak cepat rusak. Di Bengali buah tin diolah seabagai sayuran. Buah tin dikabarkan dapat mencegah kanker. Buah tin selain kaya akan kalsium dan potasium juga mengandung zat benzaldehyde yang bermanfaat melawan sel sel kanker.
Sebuah penelitian tentang kandungan benzaldehyde dalam Buah Tin pernah dimuat dalam website jurnal Cancer Cure Foundation. Website ini menyebutkan bahwa riset yang dilakukan para ahli dari institut of Phisical and Chemical Research di Tokyo menunjukkan benzaldehyde terbukti efektif dalam menghambat tumor.
tin yordan
                                                   Tin Yordan

Varietas Buah Tin


Buah tin atau dalam bahasa aceh disebut Boh ara memiliki banyak varietas. Paling sedikit terdapat dua belas macam buah tin yang sudah terkenal. Diantaranya adalah yordan, tin ungu, red palestine, red turki, brown turki, negronne, black ischia, libya, black turki, long yellow, panage tiger dan flanders.

Rasa Buah Tin Makin Hitam Makin Manis


Pohon Tin Yordan adalah jenis yang paling terkenal di Indonesia. Jenis ini paling sering berbuah, ditanam dalam pot pun sering berbuah. Jika sudah matang,buahnya akan menguning. Rasa buah tin Yordan ini paling manis dibandingkan buah tin lainnya. Tin jenis brown turki juga tergolong rajin berbyag, meski di dalam pot. Rasanya manis tetapi tidak semanis yordan. Seperti namanya, buah ini berwarna coklat.
Anda tertarik budidaya bauh tin? Kami jual bibit buah tin dengan jenis yordan, tin ungu, brown turki dan lain sebagainya. Untuk pemesanan silahkan menghubungi WA/SMS 087838393451.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar